Pengertian Rencana Strategis

Pengertian Rencana Strategis
Rencana Strategis (Renstra) adalah suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin di capai dalam kurun waktu 1 (Satu) tahun sampai dengan 5 (Lima) tahun dan disusun berdasarkan pemahaman terhadap lingkungan strategik baik dalam skala nasional, regional maupun lokal dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kendala yang ada atau timbul serta memuat visi dan misi sebagai penjabaran dalam membina unit kerja serta kebijaksanaan sasaran dan prioritas sasaran sampai dengan Tahun 2008.

Komponen Perencanaan Startegis yang tetap dipertahankan dan mengacu pada Pola dasar dan Program Pembangunan Daerah adalah visi, misi dan strategi utama, serta yang menjadi perhatian kelembagaan Kantor Pengolahan Data Elektronik Propinsi Nusa Tenggara Timur adalah Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Daerah dalam jangka waktu 5 (Lima) tahun mendatang.
 
Ruang Lingkup
Ruang Lingkup Rencana Strategis Kantor Pengolahan Data Elektronik Propinsi Nusa Tenggara Timur mencakup penyediaan data dan informasi yang cepat, tepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta murah yang berbasis teknologi atau komputer untuk pengambilan keputusan para pengguna.

Kedudukan
Kedudukan Rencana Strategis Kantor Pengolahan Data Elektronik Propinsi Nusa Tenggara Timur adalah sebagai Kerangka Strategis Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Daerah untuk mendukung perencanaan pembangunan di Propinsi Nusa Tenggara Timur dengan tetap memperhatikan visi dan misi Pemerintah Daerah Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Maksud dan Tujuan
Rencana Strategis dibuat dengan maksud memberikan arah pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Daerah untuk mendukung penyelenggaraan administrasi pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada maasyarakat.

Landasan
Rencana Strategis Kantor Pengolahan Data Elektronik Propinsi Nusa Tenggara Timur disusun berdasarkan Pancasila sebagai landasan idiil dan Undang-undang Dasar Tahun 1945 sebagai landasan Konstituante, sedangkan landasan operasionalnya berdasarkan Pola Dasar Pembangunan Propinsi  Nusa Tenggara Timur.

Tugas Pokok dan Fungsi
Tugas Pokok
Membantu Gubernur dalam penyelenggarakan pengolahan data secara elektronik dan pembinaan sistem  informasi di Lingkungan Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Timur serta perumusan fasilitasi kebijaksanaan pelaksanaan pengolahan data elektronik dan pembinaan sistem informasi Pemerintah Daerah (SIMDA) serta pelaksanaan teknologi  telekomunikasi (TELEMATIKA)

Fungsi
1.    Perumusan kebijakan di Bidang Teknologi Informasi Manajemen Pemerintah Daerah (SIMDA / TELEMATIKA).
2.    Penyusunan    rencana dan    program    di    Bidang   Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Pemerintah Daerah / Telematika.
3.    Penyiapan    standar,    prosedur    pembangunan   dan   pengembangan    Sistem Informasi yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)  dalam karangka Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah (SIMDA).
4.    Pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah/Telematika
5.    Penyiapan   data  base   untuk   pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah / Telematika
6.    Pengintegrasian    berbagai   sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah/Telematika
7.    Pembinaan bimbingan teknis di bidang teknologi informasi serta pembangunan, pengembangan dan pengendalian Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah / Telematika di Lingkungan Pemerintah Daerah.
8.    Pelaksanaan    kerjasama   teknologi  informasi dalam rangka pembangunan dan pengembangan serta pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah / Telematika
9.    Pelaksanaan urusan kesekretariatan / ketatausahaan.

ads

Ditulis Oleh : ericson damanik Hari: 04.26 Kategori:

 

Blogger news

Pengikut